Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka Belajar

0
671
ATP untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka Belajar

RAGAM– Berikut ini adalah contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8, mengacu pada Kurikulum Merdeka Belajar:

Unit Pembelajaran: Menyusun Cerita Pendek

BACA JUGA: Kisah Tragedi Terowongan Paledang Bogor yang Menelan Puluhan Korban

Materi Pembelajaran:

  1. Pengenalan struktur cerita pendek (pengenalan tokoh, latar, alur, konflik, dan penyelesaian).
  2. Pemahaman unsur kebahasaan dalam cerita pendek (gaya bahasa, majas, dan kalimat efektif).
  3. Penerapan teknik penyusunan cerita pendek dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.
  4. Evaluasi dan penyempurnaan cerita pendek.

Alur Tujuan Pembelajaran:

Pertemuan 1: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa memahami struktur cerita pendek.
  • Siswa mengenali unsur-unsur cerita pendek.

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Guru memperkenalkan struktur cerita pendek kepada siswa.
  2. Guru memberikan contoh cerita pendek dan siswa mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek seperti tokoh, latar, alur, konflik, dan penyelesaian.
  3. Siswa melakukan latihan untuk mengidentifikasi unsur-unsur cerita pendek pada beberapa contoh cerita.

Pertemuan 2: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa memahami unsur kebahasaan dalam cerita pendek.
  • Siswa mampu menggunakan gaya bahasa, majas, dan kalimat efektif dalam cerita pendek.

BACA JUGA: Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Belajar

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Guru menjelaskan unsur kebahasaan dalam cerita pendek seperti gaya bahasa, majas, dan kalimat efektif.
  2. Guru memberikan contoh-contoh unsur kebahasaan dalam cerita pendek kepada siswa.
  3. Siswa melakukan latihan untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur kebahasaan dalam beberapa contoh cerita pendek.

Pertemuan 3: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu menyusun cerita pendek dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Guru memberikan petunjuk tentang teknik penyusunan cerita pendek yang baik.
  2. Siswa melakukan kegiatan menulis cerita pendek dengan menerapkan unsur kebahasaan yang telah dipelajari.
  3. Guru memberikan umpan balik dan bimbingan kepada siswa dalam menyempurnakan cerita pendek yang telah ditulis.

Pertemuan 4: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu mengevaluasi dan menyempurnakan cerita pendek.

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Siswa menukar cerita pendek yang telah mereka tulis dengan teman sekelas untuk saling memberikan umpan balik.
  2. Siswa merevisi cerita pendek mereka berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh teman sekelas dan guru.
  3. Siswa mempresentasikan cerita pendek mereka di depan kelas.

Pertemuan 5: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu mengapresiasi cerita pendek teman sekelas.

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Siswa membaca cerita pendek yang ditulis oleh teman sekelas.
  2. Siswa memberikan apresiasi dan umpan balik positif terhadap cerita pendek teman sekelas.
  3. Guru memberikan umpan balik akhir dan penilaian terhadap cerita pendek siswa.

Dengan mengikuti alur tujuan pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat memahami dan menguasai penyusunan cerita pendek serta memperkaya pemahaman mereka tentang unsur kebahasaan dalam Bahasa Indonesia.

Pertemuan 6: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu merespon dan membandingkan cerita pendek dengan berbagai genre dan budaya.

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Guru memperkenalkan siswa pada berbagai jenis cerita pendek dari berbagai genre (contoh: cerita horor, cerita komedi, cerita fiksi ilmiah, dll.) dan budaya.
  2. Siswa membaca dan menganalisis cerita pendek dari berbagai genre dan budaya yang diberikan oleh guru.
  3. Siswa membandingkan cerita pendek yang mereka baca dengan cerita pendek yang telah mereka tulis sebelumnya, menyoroti perbedaan dan kemiripan antara karya mereka dan karya dari genre dan budaya lain.

Pertemuan 7: Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu menyampaikan ide dan cerita pendek secara lisan dengan lancar dan ekspresif.

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Siswa melakukan kegiatan permainan peran (role-play) dengan mengambil peran sebagai tokoh-tokoh dalam cerita pendek yang telah mereka buat.
  2. Siswa mempresentasikan cerita pendek mereka secara lisan dengan menggunakan intonasi, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh yang sesuai untuk menggambarkan perasaan dan emosi tokoh dalam cerita.
  3. Guru memberikan umpan balik dan evaluasi terhadap presentasi lisan siswa.

Demikian Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 8 sesuai dengan kurikulum merdeka belajar (kurmed) tahun 2023 semoga bisa bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here