Cerita Rakyat Asal Mula Gunung Merapi

0
75
Cerita Rakyat Asal Mula Gunung Merapi

Konon, Pulau Jawa memiliki tanah yang miring dan tidak rata. Untuk itu, para dewa di khayangan ingin menyeimbangkan Pulau Jawa dengan meletakkan sebuah gunung di tengah Pulau Jawa. Akhirnya, diputuskan untuk memindahkan Gunung Jamurdipa yang letaknya di Pantai Selatan ke daerah sekitar perbatasan Kabupaten Sleman, Boyolali, dan Klaten.

BACA JUGA: Khasiat Air Jahe Campur Bawang Putih dan Lemon, Bisa Mengatasi Beberapa Penyakit

Di tempat tersebut tinggallah dua orang empu sakti pembuat keris bernama Empu Rama dan Empu Pamadi. Dalam membuat keris, mereka tidak pernah menempa besi menggunakan palu atau landasan logam, tetapi langsung dengan tangan dan paha mereka sebagai alasnya. Kemudian, para dewa mengutus Batara Narada dan Dewa Penyarikan untuk menemui kedua empu tersebut dan meminta mereka untuk pindah dari sana agar tidak tertindih oleh gunung yang baru. Kedua utusan khayangan itu turun ke bumi. Mereka menyampaikan pesan para dewa kepada kedua empu tersebut.

BACA JUGA: Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Empat SD: Dakwah Nabi Muhammad Dalam Menyebarkan Agama Islam

“Terima kasih atas kedatangan kalian, tetapi mohon maaf kami tidak bisa pindah dari sini karena jika kami berpindah-pindah itu tidak baik bagi kualitas keris buatan kami,” jawab Empu Rama. Batara Narada dan Dewa Penyarikan mencoba kembali menasihati kedua empu, “Namun, jika hal ini tidak kalian dilakukan, Pulau Jawa akan semakin miring.” ”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here