Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Belajar

0
3354
Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Belajar

BELAJAR– Berikut Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 7 sesuai dengan kurikulum merdeka belajar (kurmed) tahun 2023.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

Penyusun                   :

Institusi                      :

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Fase                            : D (Kelas 7)

Matriks ATP

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Belajar

Materi CP Elemen Sub Materi Tujuan Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan Alokasi Waktu
Teks Deskripsi Membaca dan Memirsa Informasi Eksplisit Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat. 1. Mandiri

2. Bernalar kritis

2 jp
Gaya Penulisan Peserta didik mengidentiikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik. 1. Gotong-royong

2. Bernalar kritis.

3. Kreatif

2 jp
Mencari kata dalam kamus Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat. 1. Gotong royong

2. Bernalar kritis

2 jp
Gaya penyajian dan majas

 

Peserta didik berlatih mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat majas personifikasi. 1. Mandiri

2. Bernalar kritis

3. kreatif

2 jp
Berbicara dan mempresentasikan Mendeskripsikan gambar secara lisan. Peserta didik memaparkan gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan menggunakan kalimat perincian yang memikat 1. Gotong royong

2. Bernalar kritis

2 jp
Membaca dan memirsa Menilai pamflet Peserta didik menilai efektivitas informasi dengan berlatih menganalisis deskripsi teks dan visual dalam pamlet dengan kritis. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

 

2 jp
Berbicara dan mempresentasikan Membandingkan informasi lisan Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek yang dijelaskan, ragam sapaan menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Membandingkan ciri-ciri objek Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan ciri-ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda dengan baik 1. Berakhlak mulia

2. Gotong-royong

3. Bernalar kritis

3 jp
Menulis Mengenali tanda baca dalam teks deskripsi Peserta didik berlatih untuk menyunting penggunaan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, serta kata depan dalam kalimat dengan tepat. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Kreatif

 

3 jp
    Memaparkan ciri benda kesukaan Peserta didik mampu menulis teks deskripsi sederhana dengan berlatih menjelaskan benda kesukaannya dengan baik, sesuai dengan konteks dan pembaca. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Menyimak Menyimak dan menilai paparan teman. Peserta didik memaami paparan orang lain dengan gestur yang baik dan menghargai dengan berlatih menilai paparan lisan teman. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Gotong royong

3 jp

 

 

 

 

 

Puisi rakyat dan cerita fantasi Berbicara dan

Mempresentasikan

Jenis dan unsur puisi Peserta didik mengungkapkan pemahamannya terhadap puisi rakyat dengan membandingkan jenis dan unsur puisi rakyat dengan teliti. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

 

3 jp
  Tujuan puisi Peserta didik menjelaskan pendapatnya melalui kegiatan menginterpretasi tujuan penulisan puisi dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Menyimak Isi Puisi Peserta didik memahami dan menyimpulkan informasi dari teks lisan yang disimaknya dengan menjawab pertanyaan tentang macapat Kinanthi yang diperdengarkan kepadanya 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Menulis Menulis Puisi Rakyat Peserta didik mampu mengekspresikan ide melalui latihan menulis puisi rakyat. 1. Berakhlak mulia

2. Gotong royong

3. Kreatif

3 jp
  Mengkreasikan puisi dengan musik Peserta didik mampu mengekspresikan ide melalui latihan mengkreasikan puisi rakyat dengan musik untuk memikat pemirsa. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. kreatif

3 jp
Membaca dan memirsa Alur Cerita Peserta didik menganalisis perubahan lebih perinci dalam alur cerita teks naratif dengan menjawab pertanyaan tentang cerita “Bola-Bola Waktu” dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Gotong royong

3. Kreatif

4. Bernalar kritis

3 jp
Menulis Alur cerita Peserta didik berlatih menuliskan pemahamannya tentang apa yang dihadapi tokoh cerita dengan runtut 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Berbicara dan mempresentasikan Penokohan dan amanat Peserta didik melatih kemampuannya untuk mendiskusikan sifat tokoh cerita dan amanat penulis dalam teks naratif dengan membandingkan jawabannya dengan temannya. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Gotong royong

3 jp
  Penokohan dan amanat Peserta didik melatih kemampuannya untuk mendiskusikan sifat tokoh cerita dan amanat penulis dalam teks naratif dengan membandingkan jawabannya dengan temannya 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
  Penokohan dalam komik Peserta didik menganalisis penokohan dalam cerita fantasi dengan menjawab pertanyaan tentang tokoh pada cerita “Kue-Kue Mao” dan “Keberanian Emas.” 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Gotong royong

 

3 jp
  Alur cerita Peserta didik berlatih menilai alur

pada teks naratif dengan mengisi

diagram alur secara tepat

1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
  Ragam Kalimat Peserta didik menemu dan mengenali ragam kalimat dalam teks naratif melalui latihan mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dengan tepat. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Menulis Membuat teks naratif/fantasi Peserta didik berlatih menyajikan gagasannya dalam teks naratif dengan menulis cerita fantasi sederhana untuk menyampaikan amanat tertentu dengan menarik 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Kreatif

3 jp
  Simpulan informasi Peserta didik berlatih mengakses informasi dan membuat simpulan dengan menjawab pertanyaan terhadap teks “Tip Sehat dan Bugar di Masa Remaja” dengan baik 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Teks Prosedur   Menilai materi bacaan Peserta didik mengenali teks infografik dengan kejelasan isi dan teks yang tersaji dalam bentuk infografik 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
  Ciri teks dan kebahasaan Peserta didik memahami kosakata baru dengan berlatih menggunakannya dalam konteks kalimat yang berbeda secara tepat.

 

Peserta didik mengenali ciri teks prosedur dengan membandingkan tujuan penulisan pada dua teks prosedur dengan baik.

 

Peserta didik mengenali ciri teks prosedur dengan membandingkan tujuan penulisan pada dua teks prosedur dengan baik.

 

Peserta didik menemukenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur, yaitu kalimat inversi, dengan menuliskan ulang kalimat dengan struktur inversi pada infograik dan bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas” dengan tepat.

1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Gotong royong

3 jp
  Isi teks prosedur Peserta didik berlatih mengakses informasi dan menilai materi bacaan dengan menghubungkan materi tersebut dengan pengalamannya secara relektif. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
  Struktur Peserta didik memahami ciri teks prosedur dengan menemukenali strukturnya agar dapat menyajikannya dengan baik 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
  Menulis teks prosedur Peserta didik melatih kemampuannya menulis secara runut dan sistematis untuk beragam konteks dan tujuan melalui latihan menulis teks prosedur sederhana dengan rancangan yang baik. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Kreatif

3 jp
  Menyajikan teks prosedur Peserta didik melatih keterampilan berkomunikasi secara efektif dan menarik dengan menyajikan teks prosedur mereka secara lisan, visual, atau audiovisual. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
  Isi berita Peserta didik menerapkan strategi memahami teks berita eksplanasi dengan mengonfirmasi prediksi yang telah dibuatnya dengan tepat 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

3 jp
Berita   Kosakata Peserta didik berlatih menerapkan strategi kosakata dengan menemukan arti kata pada kamus atau ensiklopedia dengan mandiri. 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Bergotong royong

3 jp
  Ragam berita Peserta didik mengenali ragam berita dalam jenis media yang berbeda dengan membandingkan fitur berita cetak dan daring dengan kritis 1. Berakhlak mulia

2. Mandiri

3. Bernalar kritis

4. Bergotong-royong

3 jp
  Analisis berita audio visual Peserta didik mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi dan menemukenali itur di dalamnya dengan baik 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

3 jp
  Unsur berita Peserta didik menyimpulkan perbandingannya terhadap berita pada ragam media dengan membandingkan teks pada judul, teras, dan isi berita cetak, daring, dan audiovisual dengan jeli. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

3 jp
  Kebahasaan berita Peserta didik memperdalam pengetahuan tentang unsur kebahasaan dalam teks berita eksplanasi dengan menandai jenis kalimat dalam teks berita tersebut dengan teliti. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

3 jp
  Analisis sumber berita Peserta didik mengembangkan keterampilan memilah informasi dengan kritis dengan menganalisis kevalidan sumber berita dengan kritis 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

3 jp
  Menulis berita Peserta didik berlatih menyampaikan informasi secara sistematis, terstruktur, dan efektif melalui kegiatan menulis teks berita sederhana dengan baik dan akurat 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

4. Mandiri

3 jp
  Menjadi pewarta Peserta didik berlatih menyampaikan informasi secara sistematis, terstruktur, dan efektif melalui kegiatan menulis teks berita sederhana dengan baik dan akurat. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

3 jp
  Memahami cerita Peserta didik mengembangkan strategi memahami cerita dengan memprediksi gambar sampul cerita dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

3 jp
Tanggapan (Fiksi dan Nonfiksi)   Suasana (fiksi) Peserta didik mampu melakukan inferensi terhadap bacaan dengan berlatih menyimpulkan suasana cerita dan emosi tokoh dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

3 jp
  Persamaan dan perbedaan Peserta didik mengenali perbedaan dan persamaan bagian-bagian pada buku iksi dan noniksi dengan membandingkannya bagian tersebut dengan teliti. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Tanggapan kritis Peserta didik menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan menuliskan rangkuman bacaan berdasarkan gagasan pokok dari setiap subbab dengan baik.

 

Peserta didik menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan mengelompokkan ide yang muncul dalam proses membaca dalam format peta pikiran dengan baik.

 

Peserta didik menganalisis tanggapan dengan menemukenali elemen tanggapan dan menilai tanggapan tersebut secara kritis

1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

4. Mandiri

 
  Kebahasaan Peserta didik mengenali ragam kalimat dalam teks tanggapan melalui latihan mengategorikan kalimat dengan tepat. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Struktur teks tanggapan Peserta didik menemukan dan mengenali struktur teks tanggapan dengan mengategorikan tiap paragraf dalam struktur tersebut dengan tepat 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Menyajikan teks tanggapan Peserta didik berlatih menyajikan tanggapannya terhadap sebuah buku dengan menulis sebuah tanggapan yang baik dan efektif.

 

Peserta didik berlatih menyajikan tanggapannya terhadap sebuah buku dengan menyajikannya secara lisan/audiovisual dalam media yang diplihnya secara baik dan efektif

1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Isi dan tujuan surat pribadi Peserta didik melatih kemampuannya mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

 
Eksposisi (Surat)   Isi dan tujuan surat resmi Peserta didik mengenal surat resmi dengan menganalisis bentuk, isi bahasanya dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Kebahasaan Peserta didik memahami isi surat resmi dengan berlatih menggunakan kosakata baru dalam beragam konteks dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

4. Mandiri

 
  Membandingkan surat pribadi dan dinas. Peserta didik membandingkan surat pribadi dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat pribadi dan surat resmi dengan teliti. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Unsur-unsur surat Peserta didik mendiskusikan perbandingan surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk kepada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Kata sapaan Peserta didik mengenali konteks dan mitra bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan baik. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Penggunakan promomina Peserta didik memahami unsur kebahasaan dalam surat dengan menandai penggunaan pronomina dalam surat pembaca, surat resmi, surat pribadi, dan pesan di media sosial yang telah dibacanya. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Bergotong-royong

 
  Kata baku dan tidak baku Peserta didik berkomunikasi secara tertulis dengan menulis pesan secara ringkas dan santun 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

 
  Menulis surat pribadi Peserta didik berlatih berkomunikasi secara tertulis sesuai tujuan dan konteks dengan menulis surat pribadi kepada seorang sahabat menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

 
  Menulis surat resmi Peserta didik berlatih menulis surat resmi dengan melengkapi draf surat dengan kosakata baku yang tepat. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

 
  Menulis surat secara daring Peserta didik berlatih berkomunikasi secara tertulis sesuai tujuan dan konteks dengan menulis surat pribadi kepada seorang sahabat di media sosial daring menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun. 1. Berakhlak mulia

2. Bernalar kritis

3. Mandiri

 
         

 

BACA JUGA: Bahasa Indonesia Kelas 7: Mengenal dan Memahami Surat

BACA JUGA: Kisah Tragedi Terowongan Paledang Bogor yang Menelan Puluhan Korban

Demikian Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas 7 sesuai dengan kurikulum merdeka belajar (kurmed) tahun 2023 semoga bisa bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here