Ketabahan Nabi Muhammad dalam Berdakwah atas Tentangan Pembesar Mekah: Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Empat SD

0
92
Ketabahan Nabi Muhammad dalam Berdakwah atas Tentangan Pembesar Mekah
POTO ilustrasi Ketabahan Nabi Muhammad dalam Berdakwah atas Tentangan Pembesar Mekah

Ketabahan Nabi Muhammad dalam Berdakwah atas Tentangan Pembesar Mekah

AYOBELAJAR- Selain Mendapatkan tetangan dari Abu Lahab, Nabi Muhammad dalam Berdakwah menyebarkan agama islam mendapat tentangan dari Pembesar Mekah pada saat itu.

BACA JUGA: Bukan hanya Kaya Vitamin, ini Manfaat Buah Pisang untuk Mengatasi Kebotakan

Dakwah Nabi Muhammad SAW. terus berlanjut, meski banyak yang menentangnya. Jumlah pemeluk Islam kian hari kian bertambah. Para pembesar Mekah sangat menentang dakwah Nabi Muhammad saw. Mereka tidak ingin adanya persamaan derajat, mereka khawatir kekuasaannya dan usaha dagangnya terganggu oleh dakwah Nabi Muhammad SAW. Kemudian para pembesar Mekah memperalat paman Nabi Muhammad SAW. yang bernama Abu Thalib.

BACA JUGA: Kisah Tabib Sakti Mbah Djugo yang Berhasil Mengobati Wabah Kolera di Pulau Jawa

Ketabahan Nabi Muhammad dalam Berdakwah atas Tentangan Pembesar Mekah

Karena Abu Thalib selalu melindungi Nabi Muhammad SAW, para pembesar Mekah berusaha mengancam Abu Thalib untuk memilih salah satu antara dua hal. Pertama, memerintahkan Nabi Muhammad SAW. menghentikan dakwah. Kedua, menyerahkan Muhammad saw. kepada mereka.

BACA JUGA: Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Empat SD: Dakwah Nabi Muhammad Dalam Menyebarkan Agama Islam

Awalnya Abu Thalib terpengaruh oleh pembesar kaum Mekah dan meminta Nabi Muhammad saw. untuk menghentikan dakwahnnya. Mendengar permintaan pamannya Nabi Muhammad saw. mejawab “Demi Allah! Saya tidak akan berhenti memperjuangkan amanat Allah ini walaupun seluruh keluarga dan sanak saudara mengucilkan saya.” Mendengar jawaban tersebut Abu Thalib meminta Nabi untuk terus melanjutkan dakwahnya dan akan terus membela Nabi Muhammad saw. (bbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here