SOAL- Artikel ini akan menjelaskan mengenai Kisi kisi soal PAS penilaian akhir semester Bahasa indonesia kelas 7 Kurikulum merdeka belajar (kurmed). Kisi-Kisi Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 7
Berikut KKisi-Kisi Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 penilaian akhir semester Bahasa indonesia kelas 7 Kurikulum Merdeka Belajar untuk latihan untuk murid agar mendaapatkan nilai yang maksimal.
Sementara untuk Guru bisa membantu sebagai referensi dalam membuat soal dan memudahkan untuk melakukan penilaian.
BACA JUGA:Â Kisah Tragedi Terowongan Paledang Bogor yang Menelan Puluhan Korban
Berikut di bawah Kisi kisi soal PAS penilaian akhir semester Bahasa indonesia kelas 7 Kurmed:
NO | CP/ELEMEN | MATERI ESENSIAL | INDIKATOR SOAL | LEVEL KOGNITIF | BENTUK SOAL | NOMOR SOAL |
BAB 1 | Â | Â | Â | Â | ||
1. | Membaca dan Memirsa  |
Informasi eksplisit | Dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat. | L2
L2 L2 L2 L2 |
PG
PG PG PG PG |
1
2 10 3 12 |
Dapat mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat. | L2 | PG | 4 | |||
Dapat berlatih mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat majas personiikasi.
|
L2 | PG | 6
 |
|||
Dapat menulis teks deskripsi sederhana dengan berlatih menjelaskan benda kesukaannya dengan baik, sesuai dengan konteks dan pembaca. | L2 | Uraian | 1 | |||
2. | Berbicara dan Mempresentasikan
 |
Mendeskripsikan objek | Dapat  memaparkan gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan menggunakan kalimat perincian yang memikat. | L2
L2 |
PG
URAIAN |
5
1 Â |
3. | Berbicara dan Mempresentasikan
 |
Ragam teks deskripsi | Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek yang dijelaskan, ragam sapaan menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan baik. | L2
L2 |
PG
PG |
7
8 Â |
4. | Menulis
 |
Menyunting teks deskripsi | Dapat menyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting penggunaan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, serta kata depan dalam kalimat dengan tepat. | L2
L2 L2 |
PG
PG PG |
9
10 11 Â |
BAB 2 | Â | Â | Â | Â | ||
5. | Berbicara dan Mempresentasikan
 |
Jenis dan unsur puisi rakyat | Dapat mengungkapkan pemahamannya terhadap puisi rakyat dengan membandingkan jenis dan unsur puisi rakyat dengan teliti. | L2
L2 L2 |
PG
PG PG |
13
14 16 |
 | Tujuan puisi rakyat | Dapat menjelaskan pendapatnya melalui kegiatan menginterpretasi tujuan penulisan puisi dengan baik. | L2
L2 L2 |
PG
PG Uraian |
15
17 2 |
|
6. | Menulis
 |
Mengekspresikan ide | Dapat mengekspresikan ide melalui latihan menulis puisi rakyat. | L2 | PG
 |
18 |
7. | Menulis | Tokoh cerita teks naratif | Dapat berlatih menuliskan pemahamannya tentang apa yang dihadapi tokoh cerita dengan runtut. | L2 | PG | 19 |
8. | Berbicara dan Mempresentasikan
 |
Sifat tokoh cerita teks naratif | Dapat melatih kemampuannya untuk mendiskusikan sifat tokoh cerita dan amanat penulis dalam teks naratif. | L2
L2 L2 L2 L2 L2 |
PG
PG PG PG Uraian Uraian |
20
22 24 25 3 4 |
9.
|
Membaca dan Memirsa
       |
Majas sarkasme
|
Dapat menemukenali majas sarkasme dalam teks naratif dengan menuliskan ulang kalimat majas sarkasme tersebut dengan baik. | L2 | PG | 26 |
Penokohan cerita fantasi | Dapat menganalisis penokohan dalam cerita fantasi dengan menjawab pertanyaan tentang tokoh. | L2
 |
PG | 21 | ||
Alur teks naratif | Dapat berlatih menilai alur pada teks naratif. | L2 | PG | 23 | ||
Kalimat langsung dan tidak langsung | Dapat mengenali ragam kalimat dalam teks naratif melalui latihan mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dengan tepat.
|
L2 | PG | 27 | ||
BAB 3 | Â | Â | Â | Â | ||
10. | Membaca dan Memirsa
 |
Membuat simpulan | Dapat berlatih mengakses informasi dan membuat simpulan dengan menjawab pertanyaan terhadap teks. | L2
L2 L2 |
PG
PG PG |
28
29 39 |
11. | Berbicara dan Mempresentasikan
 |
Teks prosedur grafis | Dapat mengenali teks infografik dengan kejelasan isi dan teks yang tersaji dalam bentuk infografik. | L2
L2 |
PG
PG |
30
31 |
12.
|
Membaca dan Memirsa
  |
Memahami kosakata baru | Dapat memahami kosakata baru dengan berlatih menggunakannya dalam konteks kalimat yang berbeda secara tepat. | L2 | PG | 32
 |
Cir teks prosedur | Dapat mengenali ciri teks prosedur dengan membandingkan tujuan penulisan pada dua teks prosedur dengan baik. | L2 | PG | 33 | ||
Ciri kebahasaan teks prosedur | Dapat mengenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur dengan menyunting kalimat dengan pelesapan yang tepat. | L2 | PG | 34 | ||
13. | Membaca dan Memirsa | Kalimat inversi | Dapat menemukenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur, yaitu kalimat inversi, dengan
menuliskan ulang kalimat dengan struktur inversi pada infografik. |
L2
L2 |
PG
PG |
35
36 |
14.
|
Membaca dan Memirsa
   |
Struktur teks prosedur | Dapat memahami ciri teks prosedur dengan mengenali strukturnya agar dapat menyajikannya dengan baik. | L2
L2 |
PG
PG |
37
38 |
Kalimat rumpang | Dapat mengenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur dengan mengisi kalimat rumpang dengan adverbia yang tepat.
|
L2 | PG | 40 | ||
Dapat melatih kemampuannya menulis
secara runut dan sistematis untuk beragam konteks dan tujuan melalui latihan menulis teks prosedur sederhana dengan rancangan yang baik. |
L2 | Uraian | 5 |
Kisi-Kisi Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 berikut ini bisa menjadi panduan untuk belajar agar mendapatkan nilai yang maksimal dalam ujian
BACA JUGA:Â Soal PAS Bahasa Inggris kelas 8 Semester 1 dan Kunci Jawaban