Sejarah Raja Airlangga Pendiri Kerajaan Kahuripan, Pelajaran Sejarah SD/MI

0
233

Sejarah Raja Airlangga Pendiri Kerajaan Kahuripan

Sejak tahun 1025, Airlangga memperluas kekuasaan dan pengaruhnya seiring dengan melemahnya Sriwijaya. Mula-mula yang dilakukan Airlangga adalah menyusun kekuatan untuk menegakkan kembali kekuasaan Wangsa Isyana atas pulau Jawa. Namun awalnya tidak berjalan dengan baik, karena menurut prasasti Terep tahun 1032, Watan Mas

kemudian direbut musuh, sehingga Airlangga melarikan diri ke desa Patakan. Berdasarkan prasasti Kamalagyan tahun 1037, ibu kota kerajaan sudah pindah di Kahuripan (Sidoarjo).

Airlangga pertama-tama mengalahkan Raja Hasin. Pada 1030 menaklukkan Wisnuprabhawa raja Wuratan, Wijayawarma raja Wengker, kemudian Panuda raja Lewa. Pada tahun 1032, Airlangga dikalahkan oleh seorang raja wanita dari Tulungagung, istana Watan Mas dihancurkan. Airlangga terpaksa melarikan diri ke desa Patakan ditemani Mapanji Tumanggala, dan membangun kota baru di Kahuripan, dalam tahun itu juga bersama Mpu Narotama, Raja Wurawari dapat dikalahkan. Terakhir tahun 1035, Airlangga menumpas pemberontakan Wijayawarma, raja Wengker, yang pernah ditaklukannya dulu. Wijayawarma melarikan diri dari kota Tapa namun kemudian mati dibunuh rakyatnya sendiri.

BACA JUGA: Khasiat Air Jahe Campur Bawang Putih dan Lemon, Bisa Mengatasi Beberapa Penyakit

Kerajaan yang baru dengan pusatnya di Kahuripan, Sidoarjo ini, wilayahnya membentang dari Pasuruan di timur hingga Madiun di barat. Pantai utara Jawa, terutama Surabaya dan Tuban, menjadi pusat perdagangan yang penting untuk pertama kalinya. Airlangga naik tahta dengan gelar Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa. Airlangga juga memperluas wilayah kerajaan hingga ke Jawa Tengah, bahkan pengaruh kekuasaannya diakui sampai ke Bali. Menurut prasasti Pamwatan tahun 1042, pusat kerajaan kemudian pindah ke Daha, Kediri Jawa Timur.

BACA JUGA: Ini Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here